Pesan Produk Sekarang

Hemat Energi dalam Penggunaan Komputer

Penghematan energi listrik dalam pemakaian sehari-hari komputer kini telah menjadi sebuah tren baru.
Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari penghematan energi listrik. Misalnya, kita bisa menghemat biaya listrik. Kita juga dapat membantu menyelamatkan Bumi. Menghemat listrik berarti menghemat sumber daya alam yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, sekaligus mengurangi gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran sumber daya alam.
Kini, tersedia berbagai macam perangkat komputer yang hemat energi. Pameran teknologi informasi terbesar di dunia pada tahun ini pun, yakni CeBIT (Centrum der Büro und Informationstechnik) yang berlangsung di Hanover - Jerman pada Maret 2009, mengusung tema utama "Green IT World" atau "dunia teknologi informasi yang hijau".
Kita pun bisa mengikuti tren hemat energi ini! Salah satu caranya, pertama, dengan mematikan komputer ketika Anda pulang kerja. Menurut penelitian, jika 100.000 komputer tak lupa dimatikan selepas waktu kerja, maka lebih dari 2.680 kilowatt energi listrik yang bisa dihemat setiap harinya. Ini setara dengan mereduksi 3.562 lbs emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh 107 mobil di jalan.
Kedua, perhatikan kebutuhan energi pada komputer ketika kita membeli perangkat baru. Cari dengan cermat,Personal Computer (PC) atau laptop seperti apa yang kita perlukan? Suku cadang apa yang dipasang? Misalnya, prosesor. Sekarang, terdapat prosesor hemat energi. Tidak lama lagi, juga akan ada zero-watt standby monitor, yang benar-benar tidak lagi menyedot listrik ketika berada dalam posisi standby. Atau akan ada juga null-watt PC, yakni komputer pribadi yang kebutuhan energinya nol pada saat standby!
Sebagai tambahan, sebaiknya Anda juga mengingat logika ini: sebuah perangkat elektronik akan semakin efisien jika kebutuhan listriknya semakin sedikit. Sebaliknya, semakin besar ukuran perangkat itu, maka energi listriknya akan semakin boros. Sebuah notebook/laptop misalnya, jelas memerlukan energi lebih sedikit dibanding komputerdesk-top. Dan, monitor layar datar lebih hemat energi daripada monitor gaya lama yang masih menggunakan teknologi tabung katoda. 
Ayo, bersama-sama, kita berusaha menghemat energi!

Koleksi Produk Lainnya :

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. BukaBaju Template - Design: Gusti Adnyana