Pesan Produk Sekarang

5 Waktu yang Perlu Diwaspadai Penderita Penyakit Jantung

Jika kita termasuk yang berisiko kena serangan jantung atau ada keluarga yang memiliki risiko seperti itu, saat mana yang perlu diwaspadai? Menurut ahli jantung Arthur Agatston, ada lima waktu yang harus diwaspadai.

1.Pagi hari

Menurut penelitian, risiko timbulnya serangan jantung meningkat 40% di pagi hari. Ketika kita bangun, badan kita akan mengeluarkan adrenalin dan hormon stres lainnya, akibatnya tekanan darah meningkat dan kebutuhan oksigen juga meningkat. Risiko meningkat saat ini.

Untuk mengatasinya, biasakan tidur secukupnya agar saat bangun tidak terburu-buru. Jika terbiasa olahraga pagi, jangan lupa pemanasan agar tidak menambah beban pada jantung Anda.

2.Pagi hari yang spesial

Hari kerja pertama di setiap minggu memiliki risiko tinggi. Dari kasus-kasus yang terjadi lebih dari 20% serangan jantung terjadi pada hari ini. Mungkin karena stres harus memulai kerja lagi.

Karena itu, sebaiknya rileks di hari Minggu namun jangan terlalu banyak tidur. Bangun di hari Senin lebih pagi. Jika jari Sabtu dan Minggu tidur telat, tekanan darah akan meningkat dan badan akan merasa lelah. Sebaiknya coba tidur teratur bahkan jika itu di hari Minggu agar Seninnya bisa lebih fit.

3. Setelah makan enak

Pesta sering kali membuat seseorang lupa akan pantangan jumlah atau jenis makanan apa yang seharusnya dibatasi. Penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan kadar lemak dan karbohodrat tinggi bisa menyempitkan pembuluh darah yang pada akhirnya bisa membuat darah rentan terhadap pembekuan.

Karena itu, jika memang ingin memanjakan diri dengan makanan enak, selalu jaga porsi yang aman. Jangan berlebihan.

4. Olahraga berlebihan

Seseorang yang terkena serangan jantung saat menyekop salju, kataArthur Agatston, merupakan contoh klasik dari kejadian ini. Serangan jantung terjadi karena korban tidak terbiasa dengan pekerjaan yang berat dan membuatnya stres sehingga hormonnya meningkat, dan hal ini menyebabkan tekanan darah dan detak jantung melompat.

Begitupun dengan berolahraga. Olahraga teratur melindungi jantung Anda. Tapiuntuk meningkatkan intensitasnya harus bertahap. Jangan berlebihan.

5. Di podium

Pernah dengar seorang calon doktor meninggal saat memaparkan disertasinya? Dari perspektif jantung, berbicara di depan umum serupa dengan latihan tak biasa. Ketika seseorang gugup berlebihan karena menganggap presentasi itu begitu mencemaskannya, hal ini bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan tingkat adrenalin.

Menurut Arthur Agatston, dari pengalamannya menangani pasien-pasiennya, mereka yang memiliki sakit jantung jika akan naik podium yang begitu mencemaskannya, atau terbang yang mengkhawatirkannya, mereka meminum obat sakit jantung jenis beta-blocker.

Itulah waktu-waktu yang perlu diwaspadai bagi mereka yang memiliki sakit jantung.

Koleksi Produk Lainnya :

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. BukaBaju Template - Design: Gusti Adnyana